Thursday, November 9, 2017

Pernikahan Abad ke-21 Versus Pernikahan Ahad ke-21

Sumber: http mirror.dreamersradio.com dan foto.tempo.co

Pernikahan adalah hal yang normal sehingga tidak akan menggemparkan publik selama dilakukan dengan cara yang wajar. Akan tetapi, pernikahan akan menyedot perhatian publik jika dilakukan oleh anak dari seorang tokoh yang terkenal. Demikianlah juga halnya dengan pernikahan Pangeran William (putra Pangeran Charles-Putri Diana) dari Kerajaan Inggris dan pernikahan Kahiyang Ayu (putri Presiden Joko Widodo) dari Indonesia.
Pernikahan Pangeran William dan Kahiyang Ayu dengan pasangannya masing-masing mengundang perhatian masyarakat luas. Pernikahan Pangeran William menyita perhatian masyarakat Inggris dan internasional, sedangkan pernikahan Kahiyang Ayu menyita perhatian publik domestik Indonesia. Namun, meskipun sama-sama dilakukan oleh anak tokoh terkenal, gaya dan cara penyebutan pernikahan mereka sangat berbeda.
Pernikahan Pangeran William-Kate Middleton yang diselenggarakan pada 29 April 2011 sangatlah megah dan mewah. Resepsi dan prosesinya disiarkan secara langsung (live) ke seluruh dunia melalui televisi, disaksikan oleh sekitar 2 miliar masyarakat internasional, dan konon menghabiskan biaya sekitar Rp346 miliar. Itulah sebabnya, pernikahan mereka yang fenomenal sering disebut sebagai Pernikahan Abad ke-21.
Dalam pada itu, pernikahan Kahiyang Ayu-Muhammad Bobby Afif Nasution yang diadakan pada 8 November 2017 tidak terlalu megah dan mewah (untuk ukuran anak seorang presiden).  Resepsi dan prosesinya yang hanya ditayangkan secara live oleh stasiun televisi dalam negeri serta cukup disaksikan oleh masyarakat Indonesia saja dan biayanya, konon, tidak sampai Rp 2 miliar. Oleh karena itulah, pernikahan putri presiden kita itu cukup disebut saja Pernikahan Ahad ke-21.
Namun, mengapa disebut ahad ke-21? Karena, dihitung dari peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2017, minggu ini (8 November 2017) ternyata adalah minggu atau pekan yang ke-21 berdasarkan penanggalan nasional.
Ya, pernikahan memang tidak perlu megah dan mewah, tetapi yang terpenting 'sah dan penuh barokah.’ Mari kita doakan, semoga pernikahan Kahiyang Ayu-Muhammad Bobby Afif Nasution mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Allah swt. Dan keluarga yang mereka bentuk mudah-mudahan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah

No comments:

Post a Comment